Saturday, 1 December 2012

Direktur Produksi Kunjungi Penelitian Gula




Kamis, 29 November 2012, Direktur Produksi PT. Perkebunan Nusantara X (Persero), Ir. Tarsisius Sutaryanto,MM didampingi Ir. Yadi Yusriadi, MM (Kepala Bidang Budidaya), Ir. Budi Adi Prabowo, MM (Administratur PG Ngadiredjo), dan Adi Baskoro, S.P. (Kepala Tanaman PG Ngadiredjo) berkunjung ke Penelitian Gula, Jengkol. Rombongan yang disambut Kepala Penelitian Gula, Budiarto, beserta staf langsung meninjau kebun klon-klon baru hasil persilangan. Tahun ini, Penelitan Gula telah berhasil melakukan persilangan tebu untuk mendapatkan varietas baru setelah mengirimkan beberapa penelitinya untuk belajar persilangan tebu di PT. Gunung Madu Plantations, Lampung.

Terdapat sedikitnya tujuh kombinasi persilangan yang dilakukan tahun ini dengan tetua varietas lokal maupun introduksi. Selain meninjau kebun klon hasil persilangan dan percobaan bangsal fotoperiod, Direktur Produksi berserta rombongan juga mengunjungi tempat pembibitan model bud chips (single bud planting) HGU Jengkol, PG Pesantren Baru yang letaknya persis disamping sebelah timur kantor Penelitian Gula. Pak T, sapaan akrab Bapak Direktur Produksi menekankan untuk menjaga kesehatan bibit bud chips dengan menjalankan secara konsisten Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.


Kunjungan diteruskan dengan mengamati pertumbuhan tanaman di kebun tebu giling (KTG) yang menggunakan bibit bud chips di HGU Jengkol. Setelah itu, Direktur Produksi langsung menuju Ruang Sidang Penelitian Gula untuk mengadakan rapat dengan para Administratur se-PTPN X dan dilanjutkan dengan menutup acara In House Training Sinder Kebun Kepala se-PTPN X yang telah berlangsung sejak hari Minggu (25/11/2012). (Shadan)