Friday, 25 January 2013

Persilangan Varietas Tebu



Atas kebaikan hati manajemen PT. Gunung Madu Plantation  yang bersedia menerima Bidang Penelitian PTPN X mempelajari teknik persilangan varietas di sana pada awal tahun 2012, maka saat ini PTPN X sudah berhasil melaksanakan persilangan varietas tebu  yang dilakukan di Pusat Penelitian Gula di Jengkol, Kediri. 




Program persilangan varietas merupakan program jangka panjang yang bertujuan untuk menghasilkan varietas unggul baru. Saat ini di Puslit Gula Jengkol, Kediri sedang dibangun bangsal pembungaan untuk dapat memanipulasi kondisi mikroiklim sehingga tebu yang belum saatnya berbunga atau tidak berbunga dapat “dipaksa” untuk berbunga. Dengan ini diharapkan persilangan tebu dapat dilakukan setiap saat dibutuhkan, tidak hanya pada musim tebu berbunga sehingga dapat dihasilkan tetua-tetua baru.


 
Dari sekali proses persilangan dapat dihasilkan biji tebu sebanyak  3 – 10 gram, dan tiap gram dapat mencapai ± 2000 – 2400 biji tebu.  Biji tebu ini selanjutnya akan ditanam sebagai klon-klon yang akan diuji melalui beberapa tahap uji sampai ditemukan varietas unggul sesuai kriteria yang diinginkan.  Terima kasih yang tidak terhingga kepada manajemen PT GMP, dalam hal ini Bapak Sunaryo (Kepala R&D) yang telah mengijinkan kami untuk belajar persilangan varietas , dan juga kepada Bapak Herman dan Ibu Endah yang dengan totalitasnya dan kesabarannya mengajarkan teknik persilangan, dan juga kepada semua pihak di PT. GMP yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu. Semoga program persilangan varietas di PTPN X ini dapat memberi harapan cerah bagi industri gula Indonesia.