Thursday, 4 July 2013

Kenalkan Perusahaan ke Masyarakat, PTPN X ikuti BUMN Innovation Award & Expo 2013


Akhir Juni lalu, tepatnya tanggal 27-30 Juni 2013, PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) turut serta dalam kegitaan BUMN Innovation Award & Expo 2013 yang diselenggarakan di Hall A Jakarta Convention Center, Senayan. Event tiga tahunan yang dihelat oleh Kementerian BUMN ini diikuti oleh sekitar 43 BUMN berbagai bidang usaha dan jasa. Berbeda dengan kegiatan BUMN Expo beberapa tahun sebelumnya, Expo pada tahun ini bertemakan BUMN Innovation Award & Expo, Inovasi Untuk Indonesia, dimana kegiatan expo dirangkaikan dengan penghargaan bagi BUMN yang terus melakukan inovasi terbaik yang realible dan applicable serta berkontribusi bagi kemajuan dan peningkatan daya saing perusahaan.




Proses penilaian BUMN Innovation Award ini dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada seluruh BUMN. Kuisioner terdiri dari dua bagian yaitu kuisioner kebijakan dan budaya inovasi perusahaan serta kuisioner indeks inovasi. Kuisioner ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran atas inovasi-inovasi teknologi dan produk yang telah dan sedang terjadi di lingkungan BUMN. BUMN yang lolos seleksi kuisioner atau finalis selanjutnya masuk tahapan wawancara penjurian yang akan menentukan pemenang penghargaan BUMN yang melakukan inovasi paling baik  



PTPN X ikut serta dalam BUMN Innovation Award dengan mengajukan dekomposer Bio N10 yang diproduksi oleh Puslit Gula Jengkol dalam kategori inovasi produk pertanian. Meskipun hanya masuk sebagai finalis, tak menyurutkan langkah PTPN X khususnya Puslit Gula Jengkol untuk terus berinovasi bagi kemajuan perusahaan. Stand PTPN X yang diwakili oleh Puslit Gula Jengkol dan Penelitian Tembakau Jember menampilkan berbagai produk inovasi dan hasil penelitian tebu dan tembakau seperti dekomposer Bio N10, klon-klon tebu hasil persilangan, kultur jaringan dan bud chips, cerutu, benih pillen tembakau, serta alat penyebar benih pillen (Scatterplot Tool Pillens/STP), ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

Untuk menarik minat dan perhatian pengunjung stand, setiap pengunjung stand PTPN X diberi souvenir berupa 1 botol dekomposer Bio N10 kemasan 1 liter. “Hal ini bertujuan untuk lebih mengenalkan dan memasarkan produk dekomposer Bio N10 untuk mempercepat proses pengomposan yang diproduksi oleh PTPN X”, ujar Ir. Yass Arlina, Kepala Urusan Penelitian Kantor Direksi PTPN X. (Sandi_Puslit Gula Jengkol)