Friday, 5 July 2013

Mulai Merakit Varietas Tebu Unggul baru, Dahlan Iskan Apresiasi Upaya PTPN X (Persero)



Dalam ajang BUMN Innovation Award & Expo 2013 yang berlangsung pada tanggal 27-30 Juni 2013 di Jakarta Convention Center, Menteri BUMN Dahlan Iskan berkesempatan mengunjungi stand PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) yang menampilkan berbagai inovasi produk dan penelitian dari Pusat Penelitian Gula Jengkol dan Penelitian Tembakau Jember. Salah satu yang menarik perhatian menteri yang pernah menjadi Direktur Utama PT. PLN (Persero) ini adalah klon-klon tebu hasil persilangan yang dilakukan Puslit Gula Jengkol. Untuk diketahui, mulai tahun 2012 Puslit Gula Jengkol sudah berhasil merakit varietas tebu melalui persilangan. 




Bagus..bagus..terus kembangkan” pesan Pak Dis, sapaan akrab Dahlan Iskan. Menurut Kepala Puslit Gula PTPN X (Persero), Ir. Budiarto, MMA menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu adalah penggunaan bibit atau varietas unggul. Varietas tebu merupakan salah satu faktor produksi yang memiliki kontribusi tinggi terhadap pencapaian produktivitas. Puslit Gula Jengkol terus berupaya untuk mencari dan menghasilkan varietas tebu unggul baru agar tidak tergantung pada pihak ketiga. 

Selain melihat klon-klon tebu hasil persilangan, Dahlan Iskan juga mengamati inovasi produk dan hasil penelitian lainnya seperti pembibitan tebu melalui kultur jaringan dan bud chips, benih pillen tembakau dan alat penyebar benih pillen tembakau. Acara yang digelar selama 4 hari ini menampilkan berbagai inovasi produk dan teknologi yang sudah dan sedang dikembangkan oleh BUMN berbagai bidang usaha dan jasa. (Sandi_Puslit Gula Jengkol)