Monday, 28 October 2013

Komisi B DPRD Bangkalan Berkunjung ke Puslit Gula Jengkol




Rombongan Komisi B DPRD Bangkalan berkunjung ke Pusat Penelitian Gula PTPN X (Persero) pada hari Rabu (23/10/2013) untuk menambah informasi, pengetahuan, dan wawasan mengenai varietas tebu, pembibitan tebu melalui kuljar dan bud chips, serta perakitan varietas tebu. Rombongan yang berjumlah delapan orang tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Bangkalan Madura, Drs. H Munawar Cholil yang didampingi oleh Kepala Divisi Budidaya Tebu PTPN X, Ir. H. Yadi Yusriadi, MM beserta beberapa staf Wilayah Pengembangan Madura.





“Salah satu tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat dan mengetahui langsung varietas-varietas tebu yang cocok untuk ditanam di wilayah Madura karena tanah Madura memiliki karakteristik tanah yang berbeda dengan di Jawa”, ujar Cholil. Menurut Kapuslit Gula Jengkol, Ir. Budiarto, MMA, beberapa wilayah di Madura tanahnya mengandung garam yang cukup tinggi sehingga dapat menghambat pertumbuhan tebu. Oleh karena itu, pemilihan kesesuaian lahan berdasarkan analisis tanah sangat penting dilakukan untuk mengetahui kesuburan tanahnya.




“Beberapa varietas yang cocok ditanam di Pulau Madura antara lain VMC 76-16, GMP 3, GMP 4, dan varietas unggul yang baru diputihkan yaitu PSDK 923” imbuhnya lagi. Puslit Gula Jengkol terus berupaya untuk mencari dan menghasilkan varietas unggul yang cocok untuk ditanam di Madura salah satunya dengan melakukan uji multilokasi beberapa varietas yang dimiliki serta perakitan varietas tebu melalui persilangan. 

Informasi yang didapat dari kunjungan ini diharapkan dapat menambah referensi untuk menentukan kebijakan lebih lanjut mengenai pengembangan tebu di Madura. Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke HGU Jengkol untuk melihat sistem irigasi sprinkler, irigasi tetes serta mekanisasi dan PG Pesantren baru untuk melihat proses produksi gula. (Sandi)