Monday, 28 October 2013

Sosialisasi Varietas Unggul Baru PSDK 923




Upaya peningkatan produksi gula nasional terus dilakukan oleh berbagai stake holder yang terkait dengan industri gula. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah menciptakan dan memutihkan varietas unggul baru seperti yang telah dilakukan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan P3GI dan PTPN X (Persero). Tebu klon PS 92-1871 hasil rakitan P3GI Pasuruan telah diputihkan dengan nama PSDK 923 berdasarkan SK Mentan RI nomor 4570/Kpts/SR.120/8/2013 tanggal 12 Agustus 2013.




Untuk memperkenalkan varietas unggul tebu baru tersebut kepada para petani dan stake holder, maka pada hari Selasa (22/10/2013) dilaksanakan Sosialisasi Varietas Unggul Baru PSDK 923 bertempat di Gedung Pertemuan HGU Jengkol PG Pesantren Baru. Sosialisasi diikuti oleh sekitar 50 peserta dari petani, penangkar benih, Disbun kabupaten/kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, dan Tulungagung, serta petugas pabrik gula. Kepala UPT Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman Perkebunan, Disbun Provinsi Jatim dalam sambutannya yang diwakili oleh Ir. Erna Susilowati, MMA menyampaikan bahwa varietas tebu PSDK 923 telah menjadi varietas bina sehingga dapat digunakan oleh para petani tebu secara bebas dan luas.
  

Menurut Kepala Puslit Gula PTPN X, Ir. Budiarto, MMA, varietas PSDK 923 merupakan varietas dengan kemasakan tengah-lambat dan cocok pada tanah Grumosol dengan tipe iklim C2 Oldeman serta toleran terhadap tegalan dan gangguan drainase. Diharapkan varietas ini dapat menggantikan varietas masak-lambat terutama PS 864 yang telah lama digunakan. (Sandi)