Monday, 25 November 2013

Mekanisasi, Solusi Sulitnya Tenaga Kerja



Tenaga kerja yang semakin langka dan mahal menjadi salah satu tantangan dalam usaha pertanian dan perkebunan saat ini dan ke depan. Tak terkecuali dengan perkebunan tebu. Kalaupun ada tenaga kerja, sangat sulit mendapatkan kualitas hasil kerja sesuai standar atau mutu yang dipersyaratkan untuk pertumbuhan tanaman tebu optimal. Untuk itu, mekanisasi mutlak harus diterapkan agar produktivitas, efisiensi serta mutu setiap pekerjaan yang sesuai standar dapat tercapai. 



Ke depan, mekanisasi tidak hanya sebatas mulai pembukaan lahan sampai kultivasi atau pemeliharaan tanaman tebu saja. Namun diharapkan saat tebang atau panen pun dilakukan secara mekanis. Hal ini senada dengan pemaparan Ir. Joko Purwo Setyohadi saat mengisi materi pada acara Pembekalan Petani Tebu Rakyat Khusus kerjasama Divisi PKBL PTPN X (Persero) dengan PT. Antam (Persero) Tbk di Gedung Pertemuan HGU Jengkol PG Pesantren Baru pada hari Selasa lalu (19/11/2013). “Critical point yang dirasakan petani tebu tiga tahun terakhir adalah sulitnya mencari tenaga tebang. Mulai saat ini perlu dipikirkan penebangan tebu secara mekanis yang praktis dan bisa diterapkan di kebun petani dengan luasan relatif kecil,” pungkasnya.




Pada pembekalan ini, sekitar seratus petani tebu binaan pabrik gula PTPN X dibekali berbagai materi terkait usaha budidaya tebu seperti pengenalan alat-alat mekanisasi untuk budidaya tebu, mulai dari pembukaan lahan sampai panen/tebang menggunakan harvester baik jenis copper maupun whole stalk.  “Pembekalan ini diharapkan tidak hanya berhenti sampai disini. Namun lebih dari itu, materi yang disampaikan harapannya dapat diaplikasikan terutama  penerapan mekanisasi dalam budidaya tebu,“ ujar Joko yang saat ini menjabat sebagai Manajer QC PG Watoetoelis.



Selain pembekalan materi di kelas, para peserta juga langsung melihat berbagai alat mekanisasi budidaya tebu dan aplikasi irigasi tetes (drip) pada tanamn tebu di kebun HGU Jengkol. Sebelumnya kunjungan juga dilakukan ke Puslit Gula Jengkol untuk praktek pembuatan bibit metode bud chips dan melihat koleksi varietas tebu di kebun plasma nutfah dan kebun proven parent. (Sandi_Puslit Gula Jengkol)