Monday, 25 November 2013

PTPN X (Persero) Kembali Bekali Petani Ilmu Pembibitan Tebu dan Mekanisasi



Untuk sekian kalinya, PTPN X (Persero) mengadakan Pembekalan Petani Tebu Rakyat Khusus (TRISUS) bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk pada tanggal 18-19 Nopember lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar seratus petani tebu dan petugas pendamping dari seluruh pabrik gula PTPN X yang dihelat di Hotel Insumo Kediri untuk materi kelas, sedangkan materi praktek pembibitan tebu dan mekanisasi dilaksanakan di Puslit Gula Jengkol serta kebun HGU Jengkol PG Pesantren Baru.




Kegiatan ini, selain perwujudan dari tanggung jawab sosial PTPN X bersama PT. Antam (Persero) Tbk kepada lingkungan dan masyarakat, juga sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani tebu. Dunia pertanian dan perkebunan ke depan dihadapkan pada tantangan makin sulitnya tenaga kerja yang terampil dan harga pokok produksi yang kian meningkat. Oleh karena itu, salah satu materi yang diberikan pada pembekalan ini adalah mengenai mekanisasi dalam budidaya tebu. Mekanisasi diyakini sebagai salah satu solusi tenaga kerja bidang perkebunan yang semakin langka dan peningkatan efisiensi di kebun.


 “Praktek lapang ini menitikberatkan pada upaya mengenalkan petani bagaimana cara menghasilkan bibit yang sehat dan berkualitas serta mengenalkan alat-alat mekanisasi dalam budidaya tanaman tebu,” ujar Ir. Budiarto, MMA, Kepala Puslit Gula PTPN X. Pria yang akrab disapa Budi ini juga mengatakan bahwa saat ini cukup sulit mendapatkan bibit yang sehat dan berkualitas, padahal bibit merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan produktivitas tebu.

Pada hari kedua pembekalan, selain dilaksanakan praktek lapang pembibitan tebu dan alat-alat mekanisasi, petani juga dikenalkan pada berbagai varietas yang terdapat di kebun plasma nutfah dan kebun proven parent Puslit Gula Jengkol serta teknologi irigasi tetes (drip irrigation) di kebun HGU Jengkol PG Pesantren Baru. (Sandi_Puslit Gula Jengkol)