Thursday, 25 January 2018

SOSIALISASI PEMBIAKAN Cotesia flavipes


 Program kerja Seksi Perlindungan Tanaman Puslit  Gula  yaitu mendukung produktivitas tanaman tebu, salah satunya adalah pengendalian Hama dan Penyakit Pengendalian hama secara hayati dilakukan dengan menggunakan Agens Pengendalian Hayati. Jenis Agensi Pengendali Hayati yang sudah dikembangbiakkan antara lain Trichogramma sp. dan Lalat Jatiroto.





Dalam rangka pmgembangan agens hayati dan sebagai tindak lanjut dari pelatihan di PG. ]atitujuh, maka diadakan sosialisasi ke PG-PG PTPN X untuk mengenalkan dan praktek pembiakan Cotesia flavipes.


Adapun Sosialisasi Pembiakan Cotesia flavipes dilakukan di Gedung Pertemuan Penataran Jengkol pada hari Rabu, tanggal 24 Januari 2018. Dalam acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Renbang (Bpk. Wakhyu Priyadi Siswosumarto, ST,) dan Kepala Pusat Penelitian Gula (Purnomo Aji, SP,),. Pemateri serta praktek oleh Konsultan Hama dan Penyakit PTPNX (Bpk. Ir. Sunaryo,), Kepala Seksi Perlindungan Tanaman (Bpk. Sabar Dwi K., SP.).





Dengan adanya Sosialisasi Pembiakan Cotesia flavipes ini diharapkan Pabrik Gula di wilayah PTPNX agar bisa melaksankan dan mengembangkan Cortesia flavipes tersebut dalam pengendalian hama khususnya penggerek batang. (Ynd)