Pages

Monday 14 May 2018

Kembangkan Parasitoid Cotesia flavipes dan Hermetia illucens (Black soldier Fly), PG Gempolkrep Berlatih ke Puslit Gula Jengkol


Selasa (8/5/2018), Bagian QA On Farm PG Gempolkrep melakukan kunjungan ke Puslit Gula Jengkol. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dan berlatih cara pembiakan Parasitoid Cotesia flavipes.

Asissten Manager QA On Farm PG GK, Purnomo Widodo beserta Asmudnya berkunjung langsung  ke Laboratorium Hayati Puslit Gula Jengkol. “Kita kesini ingin berlatih dan praktek langsung pembiakan Cotesia flavipes agar serangan penggerek batang di PG GK bisa turun”, ujarnya.


Tidak hanya secara teori di laboratorium, pelatihan kali ini juga terjun langsung ke kebun untuk mencari ulat penggerek batang sebagai inang dari Cotesia flavipes.“Untuk mengembangbiakkan Cotesia flavipes kita masih harus mencari ulat di kebun karena kita belum berhasil mengembangbiakkan di laboraorium” ujar Sabar Dwi Komarrudin, SP selaku Peneliti Seksi Perlindungan Tanaman. “Kedepan kita akan terus mencoba membiakkan di lab dan mencari spesies Cotesia yang mau dibiakkan ke ulat Ca”. tambahnya.


Setelah di kebun pelatihan dilanjutkan di laboratorium untuk praktek pembiakan secara langsung. Konsultan Proteksi Puslit Gula Jengkol, Ir. Sunaryo menyampaikan “Dari data pengamatan yang ada baik di Lampung maupun di Jawa, hama penggerek batang sudah bergeser spesiesnya yang semula didominasi Chilo auricillius sekarang sudah berubah ke Chilo sachariphagus, sehingga musuh alami yang digunakan juga harus diganti, salah satunya Cotesia flavipes ini’



Kunjungan dilanjutkan ke lokasi pembiakan lalat Hermetia illucens atau biasa disebut Black Soldier Fly (BSF). “BSF ini berfungsi untuk menguraikan sampah perumahan, terutama sayur dan buah-buahan” tutur Misdi (Asmud Seksi Kesuburan Tanah). “Hasilnya antara lain padat dan cair, kami sudah melakukan uji kandungannya dan bisa digunakan sebagai pupuk pada tebu”, tambahnya.
Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dan setelah pulang dari Puslit Gula Jengkol akan segera mempraktekkan pembiakan Cotesia flavipes dan BSF di PG Gempolkrep. 
(SDK_Puslit Gula Jengkol)