Pages

Tuesday 13 November 2018

KEGIATAN SURVEILEN KOMITE AKREDITASI NASIONAL (KAN) DI LABORATORIUM PENGUJIAN TANAH DAN PUPUK PUSLIT GULA 10



Pada tanggal 13 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan survailen Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X oleh Tim Asesmen dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kegiatan ini merupakan kunjungan survailen kedua oleh KAN setelah dua tahun pemberian status akreditasi  terhadap Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X. Perlu diketahui bahwa Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X telah terakreditasi oleh KAN sejak tahun 2011. Kegiatan survailen ini bertujuan untuk memastikan kompetensi setiap laboratorium yang telah memiliki sertifikat akreditasi sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam standar penilaian kesesuaian.



Kegiatan survailen laboratorium diawali dengan acara pembukaan oleh Kepala Puslit Gula PTPN X selaku Manajer Puncak Laboratorium, dilanjutkan dengan penyampaian tujuan dan agenda survailen oleh Asesor Kepala, yaitu Dra. Salmeiningsih didampingi oleh asesor anggota, Dr. Mohamad Holil. Kemudian dilakukan kunjungan singkat ke fasilitas Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk oleh Tim Asesmen beserta personel inti laboratorium meliputi Purnomo Aji, S.P. (Manajer Puncak), Sandi Gunawan, S.Si. (Manajer Teknis), Alfarina Kardiana S. S.P. (Manajer Mutu), Lhaksmi Ermayani (Penyelia), Purwo Nurhadianto, S.Pd.Kim. (Analis), Dra. M.A. Sri Hartati (Administrasi) dan Risma Niswati (Administrasi) dilanjutkan dengan kegiatan survailen yang meliputi pemeriksaan persyaratan manajemen oleh Asesor Kepala kemudian pemerikasaan terhadap persyaratan teknis oleh Asesor anggota.


Berdasarkan hasil survailen Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X oleh KAN ini dapat disampaikan bahwa Manajemen Laboratorium telah berusaha untuk melaksanakan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium sesuai persyaratan SNI ISO/IEC 17025 : 2017 secara baik dan sungguh-sungguh, sehingga hanya ditemukan beberapa ketidaksesuaian. Pada prinsipnya Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X masih dapat mempertahankan status akreditasinya setelah ketidaksesuaian yang ditemukan diperbaiki.