Pages

Wednesday 11 December 2019

Pertemuan Teknis Uji Profisiensi Balai Penelitian Tanah 2019


Dua orang personel Laboratorium Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X yakni Lhaksmi Ermayani (Penyelia) dan Purwo Nurhadianto, S.Pd.Kim (Analis) mengikuti Pertemuan Teknis Uji Profisiensi Balai Penelitian Tanah tahun 2019 untuk komoditi tanah, tanaman dan pupuk organik padat yang bertempat di Gedung Agrosinema Balai Penelitian Tanah, Bogor (10/12).







Program Uji Profisiensi ini bertujuan untuk menilai unjuk kerja laboratorium dalam melakukan pengujian dalam rangka menjamin keabsahan data hasil pengujian yang diterbitkan oleh laboratorium dengan membandingkan hasil pengujian terhadap nilai acuan atau unjuk kerja laboratorium lain yang serupa. Selain itu, uji profisiensi merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dipenuhi laboratorium dalam memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025 : 2017 tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Uji atau Kalibrasi butir 7.7.2 (Pemastian Keabsahan Hasil) untuk mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).




Untuk diketahui bahwa Laboratorium  Pengujian Tanah dan Pupuk Puslit Gula PTPN X (LP-526-IDN) telah terakreditasi oleh KAN sejak tahun 2011. Pertemuan Teknis Uji Profisiensi ini dihadiri oleh sekitar 69 peserta dari 46 instansi pemerintah, universitas, BUMN maupun swasta.