Profil





PROFIL SINGKAT
Penelitian Gula merupakan salah satu lembaga riset di bawah naungan Bidang Penelitian, Direktorat SDM dan Umum PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) selain Penelitian Tembakau Klaten dan Penelitian Tembakau Jember. Pada awalnya Penelitian Gula merupakan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PG Pesantren Baru. Pada tahun 2002, berdasarkan SK No. XX-SURKP/02.151/03-09-2002, Litbang PG Pesantren Baru resmi lepas dari PG Pesantren Baru dan berubah nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Gula (Puslitbang Gula) yang berada langsung di bawah naungan Bidang Penelitian, Direktorat SDM dan Umum Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara X (Persero). Kemudian berdasarkan Surat No. KM-22100/Fax/07.024 tanggal 16 Mei 2007, Pusat Penelitian dan Pengembangan Gula (Puslitbang Gula) berubah nama menjadi Pusat Penelitian Gula (Puslit Gula) yang berkedudukan di Penataran Jengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.
Ruang lingkup tugas Penelitian Gula meliputi penelitian/percobaan, kawalan, serta pelayanan dalam rangka meningkatkan produktivitas baik kualitas maupun kuantitas. Penelitian Gula dipimpin oleh seorang kepala penelitian yang dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh beberapa seksi, antara lain :
  1. Seksi Budidaya                   
  2. Seksi Pemuliaan Tanaman
  3. Seksi Proteksi Tanaman
  4. Seksi Kesuburan Tanah, Pupuk, dan Klimatologi                             
  5. Seksi Pelayanan Teknik dan Field Monitoring                 
  6. Seksi Akuntansi, Keuangan, dan Umum (AK & U)

VISI :
Menjadi lembaga penelitian aplikatif perkebunan tebu yang terkemuka di Indonesia.
  
MISI :
1.    Melakukan penelitian dan kajian teknologi terapan untuk peningkatan produksi gula meliputi aspek agronomi, pemuliaan tanaman, proteksi tanaman, kesuburan tanah dan pemupukan, pasca panen, efektivitas dan efisiensi kerja, serta sosial ekonomi.
2.    Menyiapkan paket-paket informasi dan teknologi terapan untuk peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja.