Saturday, 1 June 2013

Kunjungan Kerja Komite Audit PTPN X (Persero) Ke Puslit Gula Jengkol


Rabu (29/5), dua orang anggota Komite Audit Kantor Direksi PTPN X (Persero) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Penelitian Gula PTPN X (Persero), Kediri. Ini merupakan kujungan kerja pertama dari rangkaian kunjungan yang akan dilakukan komite Audit ke UUS Gula, Kebun Pengembangan Madura, dan Kebun Pengembangan Tuban-Bojonegoro. Komite Audit yang beranggotakan Bapak Supraptono, B.Sc. dan Drs. Hery Sulistiono, MM diterima langsung oleh Kepala Puslit Gula, Ir. Budiarto, MMA beserta jajarannya. Kunjungan diawali dengan pemaparan mengenai program kerja, perkembangan, dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh Puslit Gula Jengkol yang disampaikan oleh Kapuslit Gula. Komite Audit mengapresiasi dan sangat terkesan akan beberapa capaian dan kemajuan yang telah dilakukan oleh Puslit Gula Jengkol.



Pemaparan dan diskusi yang berlangsung mulai sekitar jam 10.00 WIB tersebut berlangsung hangat dan interaktif. Beberapa hal yang menjadi fokus dan penekanan Komite Audit dalam pertemuan tersebut antara lain hasil-hasil penelitian mengenai budidaya tebu sistem bud chips, sentralisasi penyediaan bibit, dan kebutuhan kebun Tebu Sendiri (TS) pabrik gula sebagai kebun percobaan baik untuk uji multilokasi varietas tebu, percobaan pemupukan, maupun percobaan lainnya. Khusus mengenai sentralisasi penyediaan bibit, Komite Audit berpesan agar segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik dan matang. Kapuslit Gula juga telah menyampaikan beberapa kebutuhan untuk mendukung dan mensukseskan program sentralisasi penyediaan bibit di Puslit Gula Jengkol antara lain pentingnya ketersediaan air, kebutuhan lahan dan tenaga atau SDM.

Kunjungan kerja satu hari tersebut sangat bermanfaat karena selain dapat menngetahui perkembangan Puslit Gula Jengkol, juga menjadi tempat diskusi dan penyampaian pendapat dari kedua belah pihak. Setelah cukup lama berdiskusi dengan Kapuslit Gula dan jajarannya, Komite Audit berkeliling melihat beberapa fasilitas dan aktivitas di Puslit Gula Jengkol seperti pembuatan bibit bud chips, pemanfaatan limbah bud chips untuk dijadikan kompos, persilangan tebu, pembibitan metode bagal mikro, dekomposer Bio N10, serta kebun percobaan dan pembibitan.