Pages

Wednesday 2 November 2022

PENENTUAN DOSIS PEMUPUKAN NITROGEN BERDASARKAN NOMOGRAF ANALISIS TANAH TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN TEBU

 Pemenuhan nutrisi tanaman melalui pemupukan menjadi faktor yang penting terhadap produktivitas tanaman. Saat ini, pemupukan yang dilakukan oleh petani berdasarkan paket pupuk dan mengikuti anjuran hasil analisa tanah. Cara ini tidak memperhitungkan jumlah unsur hara yang terkandung dalam tanah, padahal tanah mengandung unsur hara yang sangat bervariasi. Salah satu unsur hara yang penting dalam produktivitas dan pembentukan gula/rendemen adalah nitrogen (N). 

Percobaan dilakukan di kebun K.6 HGU Sumber Lumbu, PG Ngadiredjo pada bulan Juli MT.2020/2021 dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan, dengan 4 kali ulangan. Adapun perlakuan pemberian pupuk anorganik N sesuai Nomograf, dilakukan penambahan dosis sebanyak 10-50% dari total hasil analisa. Hasil percobaan menunjukkan bahwa penambahan dosis pupuk N berdasar analisa nomograf antara 20% s.d 50% dapat memberikan hasil bobot tebu dan hablur yang berbeda nyata dibandingkan dengan kontrol. 

Perlakuan P2 (penambahan dosis pupuk N hasil nomograf + 20%) memberikan nilai tambah yang paling tinggi yaitu sebesar Rp. 11.263.640,- atau setara dengan 95,1%