Pages

Wednesday 2 November 2022

PENENTUAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN TEBU

 Penggunaan pupuk anorganik secara berlebih dan terus menerus dapat mengganggu keseimbangan tanah, menurunkan kesuburan tanah, dan akhirnya menurunkan hasil panen/produksi tanaman. Akibat dari kondisi tersebut maka perlu dicari solusi yang dapat memperbaiki kualitas tanah yang telah menurun. 

Penggunaan pupuk organik merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, dan akan meningkatkan ketersediaan bahan organik dalam tanah. Bahan organik tanah memegang peranan penting dalam meningkatkan dan mempertahankan kesuburan kimia, fisika dan fisiko kimia serta biologi tanah, yangakan menentukan produktivitas tanaman dan keberlanjutan penggunaan lahan untuk pertanian. Percobaan dilakukan di kebun Soko.1 HGU Ngusri, PG Ngadiredjo, Kabupaten Blitar pada bulan Juli MT. 2020/2021, menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) dengan menggunakan 6 perlakuan x 4 ulangan, masingmasing plot terdiri dari 8 juring @ 8 meter. 

Hasil percobaan menunjukkan bahwa dengan penggunaan penambahan kompos PG dan pupuk kompos kandang sapi dapat meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan produksi hablur/gula per hektar dibanding tanpa penambahan kompos. Perlakuan penambahan pupuk kompos kandang sapi 5 ton/ha (P2) menunjukkan nilai tambah yang paling tinggi yaitu sebesar Rp. 5.960.000,- atau setara dengan 87,65%