Pages

Thursday 15 November 2018

PUSLIT GULA MENGIKUTI SEMINAR SEHARI DI BALITTAS DALAM TEMA “STATUS DAN INOVASI TEKNOLOGI TANAMAN TEBU” DI MALANG – JAWA TIMUR


Pada Tanggal 15 Nopember 2018 Puslit Gula mengikuti seminar dan mengisi pameran sehari di Balai Tanaman Pemanis dan Serat (BALITTAS) di Malang.

Seminar hasil proyek ACIAR HORT/2012/083 kerjasama antara SRA (Sugar Research Australia), P3GI, BALITTAS, dan IPB dengan fokus utma kegiatan penelitian Pengendalian Terpadu Penyakit Mosaik Bergaris pada Tebu di Indonesia dilaksanakan selama sehari tanggal 15 November 2018 di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat, Malang. Seminar ini diiukuti oleh sekitar 252 orang yang berasal dari peneliti, akademisi, petani, pemangku kebijakan, BUMN, dan Swasta yang bergerak di bidang tebu/gula.


Tujuan :
1.  Memperkenalkan inovasi hasil teknologi penelitoan tanaman tebu yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian.
2. Mendiskusikan berbagai inovasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas tebu. 

II. Peserta
1. Purnomo Aji, S.P. (Kepala Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra
2. Dra. MA Sri Hartati (Peneliti Muda, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
3. Nanik Setyaningsih (Peneliti Muda, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
4. Alfarina Kardiana Sari, S.P (Peneliti Muda, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
5. Sandi Gunawan, S.Si (Peneliti Pertama, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
6. Sabar Dwi Komarrudin, S.P. (Peneliti Pertama, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
7. Dita Widi Atmaja, S.P. (Peneliti Pertama, Puslit Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
8. Muliah (Asisten Muda Administrasi, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)
9. Risma Niswati (Asisten Muda Administrasi, Pusat Penelitian Jengkol – Bagian Renstra)


Dalam kesempatan ini selain membahas hasil-hasil penelitian penyakit mosaik bergaris pada tanaman tebu juga penelitian pada perubahan jenis dan status hama-penyakit pada tanaman tebu serta dinamika pengelolaannya. Selain itu juga disajikan sekitar 52 makalah poster.




Acara dibuka oleh Kepala Balittas (Dr. Ir. Mohammad Cholid, M.Sc). Bertindak sebagai pemakalah oral pertama adalah Dr. Ir. Budi Hariyono, MP (Koordinator Program, Balittas) yang mengambil judul “Perkembangan Teknologi Tanaman Tebu”. Pemakalah oral kedua adalah Prof. Dr. Drs. Subiyakto, MP (Penanggung Jawab Program Tanaman Pemanis, Balittas) dan Ir. Titiek Yulianti, Mag, SC, PhD (Peneliti Utama, Balittas) yang mengambil judul “Status Hama dan Penyakit Tebu Di Indonesia”. Pemakalah oral ketiga adalah Prof. Dr. Sri Hendrastuti Hidayat (Dosen IPB) yang mengambil judul “Metode Deteksi SCSMV”. Pemakalah oral keempat adalah Ir. Etik Achardian, MP (Peneliti P3GI) yang mengambil judul “Status Penyebaran SCSMV (Hasil observasidi Wilayah Indonesia”. Pemakalah oral kelima adalah Ir. Ari Kristini, MAgr (Peneliti P3GI) yang mengambil judul “Cara Penularan, Epidemilogi dan Kehilangan Hasil”. Selain makalah oral juga dilaksanakan makalah poster.


Adapun acara tersebut Puslit Gula mendapat Peserta Makalah dan Poster Terbaik oleh (Sabar Dwi Komarudin, S.P.).


Kedepan inovasi penelitian Hama dan Penyakit oleh Sabar Dwi Kommarudin, S.P. tersebut bisa di terapkan dan dilaksanakan di Puslit Gula – Jengkol.